Profil Pengasuh Ponpes. Darul Huda Lebak Kajang


Mbah Yai Rusydi ialah pendiri sekaligus pengasuh pertama Pondok Pesantren Darul Huda Lebak Kajang, beliau merupakan sosok yang kharismatik sekaligus ‘alim dalam berbagai bidang keilmuwan seperti; ilmu hadist, fiqih, nahwu-sorof, tauhid, tajwid dan masih banyak lagi. Kiyai Haji Muhammad Rusydi memiliki garis keturunan dari ulama' terkemuka di Yogyakarta pada masa kepemimpinan Hamengkubuwono VII yaitu Kiyai Karto Diwikiryo Abdul Hadi dan Nyai Aminah. Kiai Rusydi memiliki lima saudara kandung, yaitu Mukijah, Rukiyah, Khodijah, Maryam dan Zainab. Pada tahun 1921, Mbah Karto bersama istri dan anak-anaknya pindah ke Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Kemudian, pada tahun 1963 Kiyai Rusydi memulai perjalanannya di Bumi Andalas tepatnya di Pulau Sumatera Selatan. 

Perjuangan mengembangkan ilmu agama dimulainya di Sriwangi, Oku Timur, Sumatera Selatan bersama Kiyai Abu Mansyur Syarif (pengasuh pertama Pondok Pesantren Subulussalam). Setelah hampir empat tahun bersama Kiyai Abu, Kiyai Rusydi melanjutkan perjalanan dakwahnya ke Desa Lubuk Harjo, tidak jauh dari Sriwangi. Belasan santri putra ikut serta mengiringi langkah Sang Guru untuk menyebarkan agama islam. 

Bermula dari kekaguman masyarakat pada kemampuan agama yang dimiliki oleh Kiyai Rusydi, maka berdirilah Asrama dan Musholla yang dibantu oleh penduduk sekitar dan para santri yang kemudian menjadi tanda berdirinya Pondok Pesantren Darul Huda Lubuk Harjo. Kemudian Asrama tersebut bertambah satu demi satu dan diikuti oleh gedung-gedung Madrasah Diniyah, Madrasah Ibtida'iyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah hingga Perguruan Tinggi serta fasilitas pelengkap lainnya.

Tepat pada 10 Ramadan 1413 H atau 03 Maret 1993 M, KH. Muhammad Rusydi berpulang menghadap Allah Swt. Beliau meninggalkan enam orang putra-putri, yaitu; KH. Najmuddin, KH. Sa'idun, K. Makmun, K. Abd Wahab, Bu Nyai Qibtiyah dan K. Ja'far Shodik. 



1 komentar:

Kotak Pesan

Kritik dan Saran

Sampaikan kritik dan saran anda untuk membangun kemajuan teknologi dan informasi yang kami sajikan.

Alamat:

Asrama D.K, Misda Lebak Kajang 2023

Jam Kerja:

Jum'at-Ahad jam 08.00-15.00 Wib.

No. Telp:

595 12 34 567